Mudah dan Murah nya transportasi di Korea

Tinggal di Korea Mahal? ya.. pertanyaan itu mungkin sering timbul pada saat kita ingin melancong ke Korea. Jawaban untuk tiap pertanyaan ini selalu sama yaitu tergantung anda.. iya sebab jika anda mau berhemat tentu perjalanan bisa menjadi murah.. sangat murah bahkan dan jika anda bergaya hidup gangnam style.. tentunya mahal hehe. Gangnam adalah sebuah district  elit di seoul ya mungkin kalau kita di Jakarta kayak kawasan menteng lah..  Tapi bagi saya travelling ke Korea masih bisa di bilang fair atau normal rata rata. Tidak sangat mahal, juga tidak sangat murah.

 Saya cukup kagum dengan system transportasi di Korea yang saling terhubung satu sama lain, semua tepat waktu dan terintegrasi.

kesibukan di seoul station

Ada beberapa jenis transportasi umum di Korea antara lain:
1. Bus
2. Subway
3. Train  (ini terbagi lagi ada KTX, SRX, KoRail)
4. Taxi

Untuk memulai petualangan kita berkeliling Korea anda perlu  langkah-langkah berikut:

1. membeli sebuah kartu sakti yang bernama T-money.

kartu ini adalah kartu multifungsi yang bisa di pakai untuk apa saja, mulai bayr bus, bayar taxi, bayar belanjaan. Saya membeliya di GS-25. Ada dua outlet paling terkenal di korea yaitu GS 25 dan 7Eleven. Dapat dengan mudah anda temukan di mana saja.
T Money Card (gambarnya terserah anda, banyak pilihan)

Untuk membeli kartu ini seharga 5000 Won. Untuk mudahnya 1000 won = 1 USD. atau sekitar 13 ribuan rupiah. Untuk Top-up juga dapat dilakukan di GS-25. Ada juga salah satu kelebihan Gs-25 yaitu anda bisa mengirim barang ke seluruh bagian Korea dengan biaya murah dan Cepat. sisa membawa paket kiriman anda dengan alamt tujuan yang lengkap dalam bahasa Korea.

7 Eleven

GS-25
Setelah saya membeli kartu tersebut maka saya top up sebesar 10,000 WON untuk mengetes kesaktian kartu ini di Bus.

2. Install KakaoMap dan Subway di HP anda
PErlu anda tahu bahwa Google map tidak sakti di Korea. Bnayak area yang tidak tercover dan untuk mengetahui rute tidak mudah. Inilah salah satu alasan saya tidak merental mobil di Korea. Selain tulisan plang nya selalu dalam huruf korea juga Google Map sering tidak berfungsi di sini. Mungkin karean kebijakan korea untuk me-restrict penggunaan software luar dan memaksimalkan produksi asli mereka.

Salah satu kendala paling besar yang dihadapi di Korea karena kerterbatasan orang korea dalam berbahasa inggris dan hampir semua huruf dalam bahasa korea saja.

Kakao Map akan memberikan anda jadwal detail, waktu keberangkatan bus, nomer bus yang harus anda gunakan dan sebagainya.


Untuk mendapatkan peta jalur kereta dan subway (light rail bawah tanah) anda perlu mengunduh aplikasi subway (search subway korea di play store) dan anda dapat melihat jalur kereta dalam huruf  latin.
Subway and train Map

3. Internet
Nah, ini satu catatan khusus untuk internet di Korea. Tidak seperti di negara lain, dimana dengan mudah anda membeli kartu SIM Card Data sekali pakai, di Korea tiduk mudah untuk mendapatkannya. Ada alternatif lain yaitu merental Router dari Airport biasanya pada konter telekomunikasi seperti SK Telecom atau Olleh. Sewanya 4000 Won/day. Saya tidak mendapatkan kartu data sehingga saya harus struggle dengan mode offline. Sebenarnya di beberapa tempat anda dapat memperoleh akses gratis wi-fi tetapi kebanyakannya bayar.
Alternatif kedua anda dapat membeli paket harian dari KT-Wifi yang dapat anda  lakukan hampir di semua lokasi. Tetapi kekurangannya ada beberapa area yang kadang tidak terkover oleh Wifi Public ini.


Karena saya tidak mempunyai paket data, maka yang saya lakukan setiap kali akan bepergian adalah mencatat semua jalur yang akan saya lalui pada secarik kertas. sehingga saya bisa mengetahui kapan dan bus nomer berapa yang perlu saya gunakan. Tidak usah terlalu khawatir, paling tersesat.. sediain aja uang di saku anda  kalau kalau hal itu terjadi anda sisa menunjukkan alamat hotel anda ke sopir taxi.

Biaya sekali naik bus dan Subway adalah 1350 Won sejauh apapun anda bepergian. Sebagai bayangan saya berangkat dari Cheonan ke Itaewon selama kurang lebih 2.5 Jam perjalanan, hanya sekali membayar aja dengan harga seperti itu  saya sampai gak habis pikir koq bisa yah? apa gak rugi mereka. Itu kalau Subway, tapi kereta cepat lain lagi. Untuk berangkat dari Cheonan ke Seoul sekitar 85 KM dapat anda tempuh hanya dalam waktu 45 menit menggunakan KTX. Harga tiket ekonomi sebesar 14000 Won dan Class VIP sebesar 19000 won. Jika anda menggunakan subway hanya sebesar 1350 Won tetapi waktu tempuh yang lambat selama 2.5 jam ditambah anda harus berdiri jika kursi terisi penuh, sedangkan kereta api cepat anda pasti akan mendapat jatah kursi saat membeli tiket.

Selama di Korea saya selalu mencoba semua jenis transportasi umum yang ada untuk sekedar tahu dan bisa sharing kepada siapa saja yang membutuhkan.

Pengalaman menggunakan KTX:
Pada minggu pertama target saya adalah ke Seoul, ibukota dari Korsel. saya sudah melakukan plan pada hari sabtu untuk menggunakan KTX yaitu kereta cepat yang bisa melaju sampai 300Km/h. Cepet ya?? Pembelian tiket bisa diklakukan dengan dua cara yaitu menggunakan online atau langsung membayar di loket. Untuk amannya saya langsung memesan online tiket PP sehari sebelum keberangkatan. PErlu diingat sebaiknya anda melakukan pembelian 3 hari sebelum weekend karena tiket pagi iasanya sudah habis jika anda memesan satu hari sebelumnya.

tiket online KTX

Hari itu saya membeli tiket dua kali.. ceritanya saya melihat tiket online ini ujungnya saja yaitu jam 12 siang.. dengan santainya saya ke stasiun jam 12 dan pasa sampai disana saya pun kaget ternyata KTX124 sudah melaju jauh ke Seoul. akhirnya beli tiket lagi deh.. heheh..

Perlu anda liat ada kore Car/Seat No, Car itu adalah nomer gerbong anda bisa lihat di sisi bawah lantai dari stasiun. Sehingga anda bisa memastikan anda masuk di gerbong yang sesuai.

nomer gerbong
sambil nunggu selfie dulu
Pulangnya saya menggunakan tiket business class KTX hanya perlu nambah 5000 Won  dari economy class (19000 WON). Bedanya apa?? kursinya lebih besar dan bisa di stel untuk tiduran, juga ada snack.
Gerbong Business Class
horee... dapat kacang..!

PEngalaman Menggunakan Bus

MEnggunakan Bus sangat mudah.. di tiap area akan terdapat halte halte bus yang akan terhubung satu sama lain. Yang anda perlukan adalah kakaoMap!!.. karena dengan kakao map anda akan di berikan nomer bus dan di halte mana anda harus turun untuk melakukan perjalanan. Tapi anda perlu insting travelling yang kuat untuk memahami jalurnya.. karena semua dalam bahasa korea heheh..

tampilan rute di Kakao Map


Saya hampir selalu menggunakan bus untuk ke Masjid di Cheonan karena biasanya taxi di peak time (sore hari) tidak begitu mudah anda dapatkan,  saya punya pengalaman harus menunggu satu jam di hari jumat sore. Terlebih komunikasi dengan sopir taxi kadang bermasalah.. mereka hanya bisa bahasa korea.
Suasana Bus saat Peak time

SAat naik bus anda bisa membayar menggunakan cash yang tentunya lebih repot, untuk mudahnya  anda bisa menggunakan kartu T Money yang sudah saya jelaskan di atas. Sisa di swipe di kotak khusus di dalam bus saat naik dan saat turun.

Kesimpulannya: Transportasi umum di korea sangat murah dan bervariasi. jadi jangan khawatir anda tidak bisa menikmati daerah daerah penting di Korea walaupun dengan kantong yang tipis... (karena isinya kartu krredit dan debit hehe)

Demikianlah ulasan dan tips untuk menggunakan transportasi umum di Korea. Semoga bermanfaat



Comments

Popular posts from this blog

Cita cita ku menjadi engineer

Road Trip Adventure : Pengalaman Nyetir dari Abu Dhabi ke Oman

Pengalaman Pengurusan Family Calling Visa ke Kuwait