Pengurusan Renewal Family Visa di Kuwait

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai pengingat buat saya sendiri dan agar yang lain yang membutuhkannya dapat mendapatkan manfaat.

Seperti biasa, bagi kita yang tinggal di Kuwait punya ritual tahunan jika kita membawa keluarga bersama kita untuk tinggal di Kuwait, yaitu proses pembuatan  family visa yang dalam hal ini berada para visa no. 22.

Sebelum anda memulai proses pengurusan family visa re-newal, yang pertama anda pastikan adalah apakah passport keluarga anda (anak dan istri) masih berlaku lebih dari satu tahun, karena kalau tidak maka anda harus melakukan renewal passport dan kebetulan saat itu passport istri dan anak anak sudah mendekati waktu expire. Maka yang harus saya laklukan adalah renewal passport.

PART I : Renewal Passport

Untuk itu maka kita harus datang ke KBRI yang saat ini berada di Daiya Kuwait City, sebelum ke sana yang harus disiapkan adalah:
1. Passphoto 4x6 dengan backround putih dua lembar per applicant
2.  Foto copy Civil ID kita, sebagai sponsorship dan fotocopy yang akan dibuatkan passport.
3. Jangan lupa bawa kartu ATM untuk pembayaran via KNET. (7 KD untuk 48 Hal dan 3 KD untuk 24 Hal)

Kalau boleh datang lebih awal di KBRI biar gak dapat nomer buntut, dan saat itu kebetulan saya datang terlalu cepat jam 7.30  yan g harusnya KBRI buka jam 8.30 akhirnya harus muter muter nyari tempat nongkrong dan ga usah khawatir di sekitar Kedubes RI ada sebuah kompleks Jamiyah COOP (Koperasi) yang didalam kompleksnya ada tempat makan dan tempat minum kopi.

Setelah kita tiba di KBRI maka kita perlu mengisi formulir aplikasi yang di sediakan oleh KBRI, dan jangan lupa bawa pulpen dari rumah biar ga pusing nyari nyari pen di sana. Untuk lebih mudahnya saya menyertakan scan dari formulir aplikasi yang bisa anda isi dari rumah.

Setelah menyerahkan berkas dan membayar menggunakan KNET maka anda akan diberikan kwitansi pengambilan. Pengambilan ini bisa anda lakukan sore hari dan kebetukan KBRI masih buka sampai jam 4 dan alhamdulillah di hari yang sama saya bisa mendapatkan p[assport yang baru buat ummi dan anak anak.

Akhirnya passport baru selesai

Itu baru satu part perjuangan renewal VISA. Next....

Part II : VIsa Renewal di KAntor Imigrasi
* Jika passport masih berlaku maka anda tidak perlu memperhatikan bagian di atas, bisa langsung kebagian ini.

Yang pertama adalah membayar Health Insurance, insurance ini nantinya berlaku setahun dan dengan insurance ini anda bisa berobat di Rumah sakit pemerintah dengan biaya hanya 2 KD (1 KD=40,000 IDR). Dipagi hari sekitar jam 6.30 maka anda sebaiknya sudah berada di kantor pembayaran insurance yang berlokas idi sekitar fahaheel.

Lokasi:



 Untuk biaya insurance adalah 50 KD untuk istri dan anak anak 30 KD. Karena datangnya jam 7  saya berada pada antian ke 60. sedangkan kantornya buka jam 8 pagi. Setelah menunggu kurang lebih satu jam akhirnya saya dipanggil dan mmebayar sesuai yang dibutuhkan. Setelah itu anda akan menerima kuitansi dan kemudian kuitansi itu harus di stempel oleh mudir (Manager).


Lokasi Pembayaran Insurance



Yang perlu anda siapkan setelah itu adalah filling form untuk aplikasi family visa di imigrasi nantinya. Karena saya tinnggal di region ahmadi maka letak kantor imigrasi berada di samping kantor HeadOffice KNPC, insha Allah kalau menggunakan TAXI dengan mudah mereka bisa mengantar anda.

Filling form bisa dilakukan di kantor imigraasi tetapi bisa juga dilakukan di komplex perniagaan Fahaheel yang juga buka di malam hari, lokasi typing Center ini berlokasi di Faheel Complex  No.3 berlokasi di dekat Grand Hyper Supermarket Fahaheel. Dan ini adalah pilihan terbaik karena anda bisa menghemat waktu antrian di Kantor Imigrasi Ahmadi nantinya, usahakan semua yang bisa dilakukan diluar jam kerja anda lakukan sehingga menghemat waktu kerja seminimum mungkin.



Karena passport anak anak masih baru maka typing form yang dibuat adalah dua rangkap per applicant.
Apa saja di dalam bundel aplikasi itu?
1. Typing form
2. Foto copy civil id kita
3. Foto Copy Civil id family
4. Copy  pasport bagian depan applicant
5. Copy Iqomah/Visa applicant
6. Foto 4x6 vdengan background biru dua lembar peraplikasi (karena ada dua aplikasi maka butuh 4 pas foto).
7. Untuk anak anak maka dibutuhkan birth certificate dalam bahasa arab yang disahkan oleh kedutaan dan foreign ministry of Kuwait.

Sesampainya di kanotr imigrasi, puluhan orang sudah mengantri padahal saya datang bisa dibilang cukup pagi, jam 6.30 saya sudah ada di saana sedangkan kantor akan buka jam 7.30.
Setelah itu ada salah seorang akan mengatur antrian agar setelah petugas tiba maka tiap orang bisa mendapatkan nomer antrian resmi yang sesuai,

Setelah itu anda harus punya resep yang satu ini biar berhasil, yaitu "SABAR". Jangan heran kalau disini tiba tiba aturan berubah, nomer antrian yang kita pegang tiba tiba ga berlaku tergantung keinginan petugas saat itu., Sebenarnya saya cukup merasa gusar, gimana tidak tiba tiba kartu antrian yang saya pegang gak dipakai dan puluhan orang masuk dengan berdesak-desakan tanpa memperdulikan antrian. Tapi alhamdulillah akhirnya dokumen saya di proses sambil harap harap cemas, gimana tidak satu dokumen aja ynag kececer bisa menyebabkan kita harus mengulang di hari berikutnya.

Jangan lupa sebelum memasukkan berkas, anda sudah membeli materai 10 KD per aplikasi yang nantinya akan di tempel di passport saat penempelan visa berlangsung. Jangan lupa ucapkan salam kepada petugas dan setelah mengecek kelengkapan ia akan mencetak visa dan menempelkannya di passport.

penampakan iqomah


Demikian kisah  renewal famili Visa di Kuwait. Keruwetan ini tidak pernah saya alami sebelumnya selama tinggal di Malaysia. Tetapi kita harus menikmatinya sehingga kisah ini bisa menjadi cerita lucu daripada menjadi cerita pilu. :-)

Comments

Popular posts from this blog

Cita cita ku menjadi engineer

Road Trip Adventure : Pengalaman Nyetir dari Abu Dhabi ke Oman

One Of The Best Place for Retire, Sorowako